Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli pallet kayu

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli pallet kayu


 Hindari Jamur Kayu Bluestain


Pemilihan kualitas kayu dalam hal sebagai bahan baku menjadi sangat penting karena hal ini dapat mengakibatkan kerugian dikemudian hari yang biasanya anda akan menemukan sengketa dalam tanggung jawabnya.
Kayu merupakan media yang paling mudah untuk kembang biak jamur, baik jamur payung, jamur kayu, jamur tiram ataupun jenis jamur lainnya. Hal ini dibuktikan oleh para petani jamur yang hari ini dengan sengaja membudidayakan jamur. Mereka menggunakan media serutan kayu yang didapat dari limbah perusahaan-perusahaan kayu yang berproduksi.
Tapi hal ini kebalikan didunia packaging terutama pallet kayu. Ini adalah hal yang paling sangat harus dihindari. Kayu yang telah ditumbuhi jamur akan sangat rawan jika digunakan pallet kayu karena sedikit demi sedikit kayu tersebut akan lapuk dan akan menjadi sangat mudah patah dalam penggunaannya.
Jika suatu ketika hal tersebut terjadi dan mengakibatkan barang yang diatas pallet anda rusak akibat roboh baik ketika masih di gudang anda ataupun sudah berada disaat pengiriman barang anda maka yang sering terjadi akan saling lempar tanggung jawab antara industri produsen palet itu sendiri atau harus perusahaan anda yang menanggung kerugian tersebut, karena biasanya ini bukan yang yang kecil.
Jamur Bluestain adalah jamur yang sangat sering ditemukan di kayu terutama kayu keras racuk yang biasa digunakan untuk bahan baku pallet kayu. Jamur Bluestain adalah jamur kayu yang memiliki periode pertumbuhan paling pendek sehingga paling banyak sekali ditemukan di kayu racuk. Saat awal bibit spora yang terbawa angin menempel di permukaan kayu maka hanya dalam kurun waktu 1x24jam maka spora tersebut akan berubah menjadi benih jamur dan siap kemudian tumbuh menjadi jamur sesungguhnya. Memang saat periode tersebut permukaan kayu akan masih terlihat bersih dan mulus, tapi sesungguhnya disitu sudah ada bibit jamur yang tumbuh sedikit demi sedikit dan akhirnya menjadi jamur yang akan nampak mata telanjang.


Langkah antisipasi pertumbuhan jamur

  1. Hal yang paling minimum anda lakukan adalah dengan mengecek rantai suplai perusahaan palet tersebut. Pastikan bahwa kayu yang akan digunakan sebagai bahan bakuerupakan kayu yang baru dipotong dari pohon. Sesingkat mungkin kayu harus sudah berada diperusahaan tersebut kemudian segera dilakukan pengovenan terhadap kayu tersebut, sehingga tidak cukup waktu spora yang ada berubah menjadi bibit jamur.
  1. Pastikan dalam hal pengecekan kadar air dengan menggunakan alat MC meter yang banyak dijual di toko online dan kemudian cek kadar air dalam kayu berada di range antara 10% hingga 20%. Kenapa ada batas bawah ini juga untuk menghindari kayu yang terlalu kering yang bisa jg mengakibatkan kerapuhan.

Demikian hal yang perlu diperhatikan untuk lebih detail dalam hal ini tanyakan langsung kepada kami di nomer wa diatas.
Contoh bibit jamur Bluestain pada kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar